Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Kartika : Jurnal Ilmiah Farmasi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Naskah yang ditulis untuk dimuat di Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi (KJIF) dapat berupa hasil penelitian, review artikel, atau laporan kasus dan laporan penelitian pendahuluan.

Naskah yang masuk ke dewan redaksi akan ditelaah secara umum, selanjutnya akan dikirim ke Dewan Editor. Atas dasar rekomendasinya, kemudian dewan redaksi akan mengkomunikasikan keputusan apakah naskah diterima/ditolak/direvisi.

Naskah artikel diketik dengan 1 spasi, huruf Times New Roman, ukuran 11 pts, ukuran kertas A4 dengan margin 3 cm pada semua tepi kertas,  maksimum 15 halaman dan dibuat dalam 1 kolom. Pengiriman naskah  melalui Website www.kjif.unjani.ac.id

Naskah artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia/ bahasa Inggris. Artikel dalam bahasa Indonesia harus menyertakan juga abstrak dalam bahasa Inggris.

Untuk artikel penelitian dan laporan dari penelitian pendahuluan, naskah ditulis dengan urutan sebagai berikut: Halaman Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka

Halaman Judul
Berisi judul artikel; nama penulis; afiliasi dari masing-masing penulis; alamat email untuk korespondesi (corresponding author).  Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Abstrak
Abstrak untuk artikel penelitian, tinjauan pustaka, dan laporan kasus dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan jumlah maksimal 250 kata. Abstrak dibuat ringkas dan jelas sesuai dengan format pendahuluan, metode, hasil, simpulan. Abstrak dilengkapi dengan 3-4 kata kunci.

Artikel
Artikel dibuat dalam bahasa Indonesia dengan format pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.
Pendahuluan: Berisi tentang informasi mengenai latar belakang yang relevan dengan tujuan penelitian. Tujuan dan hipotesis penelitian harus diutarakan dengan jelas.
Metode: Metode harus ditulis secara detail agar peneliti lain dapat mereproduksi hasil yang diperoleh. Pemilihan kriteria inklusi/eksklusi dari subjek penelitian dan metode statistik yang digunakan harus ditulis dengan jelas.
Hasil dan Pembahasan: Presentasikan hasil dengan format yang mudah untuk dimengerti, baik dalam bentuk gambar maupun dalam bentuk tabel.bahas hasil yang diperoleh dan kaitkan dengan studi lain yang relevan. Fokuskan diskusi pada hasil utama dari penelitian. Jelaskan tentang keterbatasan penelitian dan dampak dari hasil penelitian.
Kesimpulan : Simpulan dihubungkan dengan tujuan penelitian.
Ucapan Terima Kasih: Bila diperlukan, sumber dana untuk penelitian dapat dicantumkan pada bagian ini. Bantuan yang didapat pada proses desain penelitian, pengambilan dananalisis data dapat dicantumkan di bagian ini.
Daftar Pustaka: Daftar pustaka ditulis pada tiap akhir tulisan dan berfungsi agar pembaca dapat melihat kembali sumber asli dari referensi karya ilmiah yang ditulis. Pustaka ditulis sesuai aturan penulisan Harvard dan disusun alfabetis. Beberapa contoh penulisan daftar pustaka

Tabel dan Gambar
Judul tabel dibagian atas dengan nomor urut angka arab.
Setiap gambar disertai nomor urut sesuai kemunculannya dalam teks. Untuk tujuan publikasi, harap menampilkan gambar dengan resolusi tinggi dalam format JPEG, GIF atau file TIFF. Kirimkan gambar bersama artikel asli.

Contoh Penulisan Pustaka
Buku:
Gambles, I. (2009): Making the business case: Proposals that succeed for projects that work. Farnham, England: Ashgate.
Fauci, A.S., Kasper, D.L., Longo, D.L., Loscalzo, J., Braunwald, E., Hauser, S.L., et al. (2008): Horrison’s Principle of Internal Medicine (17thed.). USA: McGraw-Hill Companies, Inc.
Brunton, L. (2006): Goodman and Gilman’s The Pharmacological Basis of Therapeutics, 11th Ed., in Shapiro, T.A. dan Goldberg, D.E. Chemotherapy of Protozoal Infections. USA: McGraw-Hill Companies, Inc.
Buku Terjemahan:
Mutschler, E. (1986): Dinamika Obat, Farmakologi dan Toksikologi (5th Ed.). Alih Bahasa: Mathilda B. Widianto dan Anna Setiadi Ranti. Bandung: Penerbit ITB.
Majalah/Jurnal Ilmiah dengan Volume dan Nomor:
Cotton, F.A. (1998): Kinetics of Gasification of Brown Coal. Journal of American Chemical Society, 54(1), 38-43.
Li, S., and Seale, C. (2007): Learning to Do Qualitative Data Analysis: An Observational Study of Doctoral Work. Qualitative Health Research, 17, 1442-1452.
Rush, E., McLennan, S., Obolonkin, V., Cooper, R., and Hamlin, M. (2015a): Beyond The Randomised Controlled Trial and BMI Evaluation of Effectiveness of Through-School Nutrition and Physical Activity Programmes. Public Health Nutrition, 18(9), 1578-1581.
Rush, E. C., Obolonkin, V., Battin, M., Wouldes, T., and Rowan, J. (2015b): Body Composition in Offspring of New Zealand Women: Ethnic and Gender Differences at Age 1–3 Years in 2005–2009. Annals Of Human Biology, 42(5), 492-497.
Prosiding:
Stark, H. (2011): The Dynamics of Surface Adsorption. Prosiding International Congress on Current Aspects of Quantum Chemistry, 105, 24-30.
Skripsi, Tesis, dan Disertasi:
Fauziyyah, F. (2009): Pengembangan Metode Ekstraksi Cair-cair untuk Pemisahan Zat Warna Rhodamin dalam Makanan, Skripsi  Sarjana Farmasi, Universitas Jenderal Achmad Yani, 25-29.
Laporan Penelitian atau Laporan Pemerintah:
Sumaryanto. (2009): Karakteristik Sosial Ekonomi Petani pada Berbagai Agroekosistem. Laporan Penelitian, Pusat Analisis Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor: Kementerian Pertanian.
World Health Organization. (2012): World Malaria Report 2012 Fact Sheet. USA.
Pustaka yang berupa Dokumen Paten:
Sukawati, T.R. (1995). Landasan Putar Bebas Hambatan (ID/0000114).
Tulisan yang bersumber dari Internet:
Guidelines for Proper Scientific Conduct in Research. (2010) diakses 25 Juni 2010, dari http://www.imperial.ac.uk/secretariat/
policiesandpublications/otherpolicies/properscientificconduct.
Rustandy, T. (2006): Tekan Korupsi Bangun Bangsa, diakses 14 Januari 2007, dari http://www.kpk.go.id/modules/news/
article.php?storyid=1291.

 

Biaya proses artikel (Article Processing Charges - APCs)

Artikel yang diajukan dan diterima akan diterbitkan secara online. Proses pengajuan dan penerbitan secara online tidak dipungut. Permintaan terbitan dalam bentuk cetak akan dikenakan biaya produksi dan ongkos kirim.

 

DOWNLOAD TEMPLATE JURNAL:

 

Pemberitahuan Hak Cipta


Penulis yang menerbitkan artikel pada jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

  1. Penulis memberikan hak cipta dan jaminan atas artikel sebagai publikasi pertama, yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk membagi artikel dibawak lisensi Creative Commons Attribution License
  2. Penulis dapat melakukan perubahan dan menambahkan untuk pendistribusian artikel yang terpublikasi secara non eksklusif ((misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan lebih besar yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).