Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Naskah yang ditulis untuk dimuat di Kartika – Jurnal Ilmiah Farmasi (KJIF) dapat berupa hasil penelitian, review artikel, atau laporan kasus dan laporan penelitian pendahuluan.

 

Naskah yang masuk ke dewan redaksi akan ditelaah secara umum, selanjutnya akan dikirim ke Dewan Editor. Atas dasar rekomendasinya, kemudian dewan redaksi akan mengkomunikasikan keputusan apakah naskah diterima/ditolak/direvisi.

 

Naskah artikel diketik dengan 1 spasi, huruf Times New Roman, ukuran 11 pts, ukuran kertas A4 dengan margin 3 cm pada semua tepi kertas,  maksimum 15 halaman dan dibuat dalam 1 kolom. Pengiriman naskah  melalui Website www.kjif.unjani.ac.id

 

Naskah artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia/ bahasa Inggris. Artikel dalam bahasa Indonesia harus menyertakan juga abstrak dalam bahasa Inggris.

 

Untuk artikel penelitian dan laporan dari penelitian pendahuluan, naskah ditulis dengan urutan sebagai berikut: Halaman Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka

 

Halaman Judul

Berisi judul artikel; nama penulis; afiliasi dari masing-masing penulis; alamat email untuk korespondesi (corresponding author).  Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

 

Abstrak

Abstrak untuk artikel penelitian, tinjauan pustaka, dan laporan kasus dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan jumlah maksimal 250 kata. Abstrak dibuat ringkas dan jelas sesuai dengan format pendahuluan, metode, hasil, simpulan. Abstrak dilengkapi dengan 3-4 kata kunci.

 

Artikel 

Artikel dibuat dalam bahasa Indonesia dengan format pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.

Pendahuluan: Berisi tentang informasi mengenai latar belakang yang relevan dengan tujuan penelitian. Tujuan dan hipotesis penelitian harus diutarakan dengan jelas.

Metode: Metode harus ditulis secara detail agar peneliti lain dapat mereproduksi hasil yang diperoleh. Pemilihan kriteria inklusi/eksklusi dari subjek penelitian dan metode statistik yang digunakan harus ditulis dengan jelas.

Hasil dan Pembahasan: Presentasikan hasil dengan format yang mudah untuk dimengerti, baik dalam bentuk gambar maupun dalam bentuk tabel.bahas hasil yang diperoleh dan kaitkan dengan studi lain yang relevan. Fokuskan diskusi pada hasil utama dari penelitian. Jelaskan tentang keterbatasan penelitian dan dampak dari hasil penelitian.

Kesimpulan : Simpulan dihubungkan dengan tujuan penelitian.

Ucapan Terima Kasih: Bila diperlukan, sumber dana untuk penelitian dapat dicantumkan pada bagian ini. Bantuan yang didapat pada proses desain penelitian, pengambilan dananalisis data dapat dicantumkan di bagian ini.

Daftar Pustaka: Daftar pustaka ditulis pada tiap akhir tulisan dan berfungsi agar pembaca dapat melihat kembali sumber asli dari referensi karya ilmiah yang ditulis. Pustaka ditulis sesuai aturan penulisan Harvard dan disusun alfabetis. Beberapa contoh penulisan daftar pustaka

 

Tabel dan Gambar

Judul tabel dibagian atas dengan nomor urut angka arab.

Setiap gambar disertai nomor urut sesuai kemunculannya dalam teks. Untuk tujuan publikasi, harap menampilkan gambar dengan resolusi tinggi dalam format JPEG, GIF atau file TIFF. Kirimkan gambar bersama artikel asli.

 

Contoh Penulisan Pustaka

Artikel:
Kennedy, I 2004, ‘An assessment strategy to help forestall plagiarism problems’, Studies in Learning , Evaluation, Innovation and Development, vol. 1, no. 1, viewed 7 October 2005, http://www.sleid.cqu.edu.au/viewissue.php?id=5

Buku:
Jones, P, Smith, A, Hudson, T, Etherton, J,Connelly, W & Gardener, J 1999, Business management for the new era, Wyland Publishing, Adelaide.

Electronic book
Barro, RJ 1997, Macroeconomics, 5th edn, viewed17 February 2006,http://purl.library.cqu.edu.au/ EBOOKS/339-0289-

Prosiding Seminar:
Edwards, K & Graham, R 1992, ‘The all female expedition: a personal perspective’, Gender on ice: proceedings of a conference on women in Antarctica, 8–12 January 1993, Australian Antarctic Foundation, Canberra, pp. 75–81.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Kormin, SB., 2005, The Effect of Heat Processing on Triterpene Glycosides and Antioxidant Activity of Herbal Pegaga (Centella asiatica ( L) Urb) Drink, Theses, Faculty of Chemical and Natural Resources Engeenering Universiti Teknologi Malaysia.

Situs Web
Anonim, 2011, Euforia Budidaya Rumput Laut Brebes, http://www.trobos.com/show_article.php?rid=13&aid=2909, diakses 23 April 2012.

 

Biaya proses artikel (Article Processing Charges - APCs)

Artikel yang diajukan dan diterima akan diterbitkan secara online. Proses pengajuan dan penerbitan secara online tidak dipungut. Permintaan terbitan dalam bentuk cetak akan dikenakan biaya produksi dan ongkos kirim.

 

DOWNLOAD TEMPLATE JURNAL:

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. 
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).